Rabu, 23 September 2015

1
KETHEK NGUJANG SEKARANG
(sak sirku)
            “Kethek an”  masyarakat menyebut pekuburan Ngujang yang dihuni para kera. Pekuburan ini cukup terkenal di wilayah Tulungagung. Siapapun yang memasuki kabupaten Tulungagung melalui jalan dari arah Kediri pasti tahu.
            Tempat kethek Ngujang tepatnya di desa Ngujang kecamatan Kedungwaru. Bila memasuki kabupaten Tulungagung dari arah Kediri berada di sebelah barat jalan, selatan petigaan dan jembatan Ngujang. Tempat itu merupakan pekuburan yang ditumbuhi pohon rindang. Bagian utara dan selatan terdapat beberapa warung makanan yang terbuat dari gubuk bambu.
            Bila liburan tempat ini banyak yang mengjungi. Sengaja datang untuk melihat kera yang berkeliaran bebas, sekedar melepas lelah menempuh perjalanan jauh, penasaran atau bila malam jum’at konon ada yang mempunyai kepercayaan mencari pesugihan atau penglaris ( biar laris/ lancar dalam usaha).
            Di pekuburan yang tumbuhi pepohonan rindang ini kera-kera  hidup berkeliaran. Para pengunjung bisa memberi makanan sesukanya. Menurut kepercayaan jumlah kera-kera ini tetap walaupun ada yang beranak. Suatu waktu kera-kera ini tidak terlihat di cari di daerah pekuburan tak satupun yang kelihatan karena itulah kera-kera ini dipercaya sebagai jilmaan dari makluk halus yang bias member penglaris. Bila ada kera yang berkeliaran di bagian utara suangai masyarakat boleh menbantainya untuk di santap.
            Jaman sudah banyak berubah. Pepohonan yang dulu rimbun teduh sekarang mulai mati. Disana sini ditanami pohon baru tapi belum serindang dulu. Banyaknya tempat hiburan di kota mempengaruhi jumplah pengunjung. Artinya yang memberi makanan kera-kera inipun berkurang. Kera-kera ini sekarang banyak yang berada di jembatan menanti mobil lewat yang kadang-kadang melempar makanan. Biasanya pedagang buah sengaja membawa dangannya yang rusak untuk dilembarkan pada kera.
            Para pengunjung luar kota sekarang juga enggan untuk melepas lelah di pekuburan itu.Pohon mulai banyak yang mati tidak rindang lagi, jumlah kera makin sedikit. Kepercaan terhadap pesugihan pun mulai menurun tapi masih ada bau kemenyan dan tebaran bunga.

***O      O*** wisata sederhana yg
          ^             perlu dilestarikan.
                        *wid*23122012
2
REOG  KENDANG TULUNGAGUNG
(Tahuku)
Reog kendang Tulungagung   semakin tidak di kenal dilkalangan masyarakat umum. Di beberapa daerah kelompok- kelompok kesenian reog kendang ini banyak yanng punah. Seiring punahnya kelompok kesenian ini semakin tidak dikenal lagi reog kendang.
Kemudian para aktifis kesenian Reog dan jaranan bersatu untuk melestarikan kesenian Reog Kendang Tulungagung dengan mendirikkan Komunitas Reyog Kendang Batara Agung Saguru sebagai  wadah seniman tari Reyog dan Jaranan se-Kabupaten Tulungagung. “Saat ini terdapat sekitar 300 kelompok kesenian Reog Kendang di Tulungagung.
Karena  kesenian yang telah hidup di Tulungagung selama puluhan tahun tersebut kerap menjadi sengketa antar kelompok kesenian., maka Reyog Kendang Batara Agung Saguru
mengajukan Hak Cipta Reog Kendang itu sendiri yang  merupakan hasil perjuangan wadah tari tradisional sayuk guyub rukun atau Paguyuban Batara Agung Saguru Tulungagung. Karena itu pemerintah daerah juga berterima kasih kepada para seniman Reog Kendang yang telah memperjuangkan hak intelektual ini. 

Kepala Bagian Hubungan Masyarakat Pemerintah Kabupaten Tulungagung Ahmad Pitoyo mengatakan penerbitan SK HAKI ini diterima Wakil Bupati Tulungagung Mohammad Atiah . Dalam SK tersebut tertulis bahwa Reog Kendang tercatat dalam nomor registrasi C00200903657 atas nama Hak Cipta Bupati Tulungagung. “Ini berarti kesenian tersebut mutlak milik Tulungagung,” kata Pitoyo kepada Tempo, Senin (22/3).

Usaha nyata pemerintah dalam  melestarikan reog kendang Tulungagung salah satunya mengadakan lomba setiap tahun. Para peserta diwajibkan dari  siawa tingkat SD, SMP, SMA. Hasilnya sangat memuaskan. Muncul penari- penari reog yang luar biasa bagus, bahkan  dalam perkembangannya reog juga di kolaborasi dengan drum band.

Pada lomba Reog Kendang Tulungagung yang perlu diperhatikan adalah ke aslian gerak. Artinya gerak yang sudah  melalui  buku yang berjudul’’REYOG TULUNGAGUNG’’ dalam rangka pendokumentasian, pendriskripsian dan pembuatan pedoman tari khas Tulungagung.Buku ini diterbitkan 5 Maret 1996 yang disusun oleh Drs. Mugianto, So’iran, Sri Wahyuni,BA, W.Adi Suwignyo, Tasik sunarto dan gambar panduan oleh Drs. Nurhadi.

  1. KEUNIKAN REOG KENDANG TULUNGAGUNG.

Reog kendang Tulungagung  mempunyai keunikan bahwa penarinya yang berjumlah 6, 12, atau 18 orang  sesuai jumla kendang yaitu dalam satu set (unit) ada 6 kendang atau  yang sebut gembluk/ gemblug/dhodhog. Ke 6 gembluk/gembung/dhodhog  mempunyai  ukuran dan cara memukul yanng berbeda. Sementara semua penari melakukan gerak kaki yang sama. Lagu yang digunakan untuk mengiringi kadang lagu perjuangan. Atau lagu yang populer saat reog itu ditampilkan.

  1. DHODHOG

Dhodhok/gembluk/ gembluk dalah  alat musik pukul  semacam kendang denga ukuran lebih panjang dan lebih kecil.

2.1  Jenis dhdodhog
a.      Dhodhog Kerep              : 1 buah
b.      Dhodhog Arang             : 1 buah
c.       Dhodhog Imbal 1           ;1 buah
d.      Dhodhog Imbal 2           : 1 buah
e.      Dhodhog keplak : 1 buah
f.        Dhodhog Trinthing        : 1 buah
Dengan jumlah pemain masing 1 orang.

2.2Ukuran dhodhog

a.      Dhodhog Kerep 
           
Panjang 50 cm dengan diameter 20 cm. Bagian tajukan kedalaman 10 cm, tebal bibir paling tipis 10 cm. Dibawah tajukan menipis dgn ukkuran 1 cm.Diameter pinggang paling kecil 14 cm dak diameter luar paling bawah 17 cm dengan ketebalan 2 cm.         

b.      Dhodhog Arang
Panjang 50 cm dengan diameter 19 cm. Bagian tajukan kedalaman 10 cm, tebal bibir paling tipis 10 cm. Dibawah tajukan menipis dgn ukkuran 1 cm.Diameter pinggang paling kecil 14 cm dak diameter luar paling bawah 17 cm dengan ketebalan 2 cm.         
           
c.       Dhodhog Imbal 1
            Panjang 50 cm dengan diameter 18 cm. Bagian tajukan kedalaman 2 cm, tebal bibir paling tipis 10 cm. Dibawah tajukan menipis dgn ukkuran 1 cm.Diameter pinggang paling kecil 14 cm dak diameter luar paling bawah 17 cm dengan ketebalan 2 cm.         
           
d.      Dhodhog Imbal 2
            Sama dengan imbal 1 yaitu Panjang 50 cm dengan diameter 18 cm. Bagian tajukan kedalaman 10 cm, tebal bibir paling tipis 10 cm. Dibawah tajukan menipis dgn ukkuran 1 cm.Diameter pinggang paling kecil 14 cm dak diameter luar paling bawah 17 cm dengan ketebalan 2 cm.    
           
e.      Dhodhog keplak
            Panjang 50 cm dengan diameter 18 cm. Tdak menggunakan tajuk, tebal bibir rata-rata 2 cm.Diameter pinggang paling kecil 14 cm dak diameter luar paling bawah 17 cm dengan ketebalan 2 cm.      
           
f.        Dhodhog Trinthing       
Sama dengan keplak panjang 50 cm dengan diameter 18 cm. Tdak menggunakan tajuk, tebal bibir rata-rata 2 cm.Diameter pinggang paling kecil 14 cm dak diameter luar paling bawah 17 cm dengan ketebalan 2 cm.

Apabila bagi anak –anak yang belum mampu mengguakan dhodhog sesuai ukuran di atas bisa memperkecil ukura dengan tidak mengubah  laras.



  1. INSTRUMEN LAIN YANG MENGIRINGI REOG KENDANG
3.1Kenong
Menggunakam 5 sledro dengan jumlah 1.
         3.2 Gong
            Menggunakan 5 slendro denngan jumlah 1.
            3.3 Terompet/ slompret/ sompret.
                        Terompet bisa memainkan sbuah lagu secara intrumentalia atau bergantian dengan gerongan.



  1. CARA MEMAINKAN DHODHOG

Nada pukulan dhdodhog, gong, kenong.

4/4 sedang                                    ATER-ATER KENDANG KEREP


OTK           TK        TK        .           .           .           .           .           .           .           .           .
                                          NG                   N                      NG                   N                      NG
Dhodhog arang                 B          O         BB        O         B          O         BB        O         B
Imbal 1                              OB       B          OB       B          OB       B          OB       B          0B
Imbal 2                              O         OB       B          0B        B          OB       B          OB       B
Keplak                               OP       OP       OP       OP       OP       OP       OP       OP       OP
Trinthing                           OT       TT        OT       TT        OT       TT        OT       TT        OT

4/4 lambat
                                          *          *          *          *          *          *          *         
                                                                              N                                              NG

Dhodhog arang                 O         O         O         B          O         O         O         B
Imbal 1                              B          B          O         B          B          B          O         O        
Imbal 2                              O         O         B          B          O         O         B          B         
Keplak                               P          O         P          O         P          O         P          O        
Trinthing                           TT        TT        T          T          TT        TT        T          T         



4/4 sedang                                                      IRAMA DRUM BAND

Semua dhdodhog
Dipukul bersamaan                             N          NG                               N                      NG
                                                *          *          *          *          *          *          *          *
                                                BB           B             BB           B             BB           BB           BB           B


  1. GERAKAN TARI REOG
Tari reog 1 set / unit terdii dari 6 penari sesuai dengan jumlah dhodhog dalam satu set. Bila ingin menampilkan secra masal mak akan menggunakan kelipatan dari satu set tersebut. Ke- 6 penari akan memukkul sambil menari. Gerakkan dasar kari adlah gerak berjalan sedangkan pukkulan masing-masing penari tidaklah sama. Untuk itu gerakkan yang dilakukan oleh penari tidaklah banyak hanya berkisar gerak kaki dan gerak kepala disertai dengan pola lantai yang berubah ubah.Gerakan ini sangat sederhana dan kelihatan mudah tetapi karena gerak tangsn dsn kaki idak sama harus dilatih secara intensik untuk mendapat reflek yang sempurna.
5.1 NAMA GERAK TARI DAN DISKRIPSINYA
1.                                                   Gerak Baris:  gerakan lurus seperti layaknya orang berbaris dengan dhodhog kerep berada di depan, kaki menegikuti gerak dhodhog biasanya menggunakan irama drimband . gunanya untuk keluar dan masuk ppanggung.
2.                                                   Gerak Sundangan:  Gerakkan bahu dang kepala badan agak membungkuk, kaki tanjak kanaan bila yang depan kaki kanan. Gerakkan iini menyerupai banteng yang sedang menyruduk/ nyundang.
3.                                                   Gerak Andul: mengayun kaki yang diangkat setinggi paha. Ayunan dilakukan ke depan ke belakang. Ada kalanya kaki yang menjadi tumpuan mengikuti dengan gerak loncat ( gedrik).
4.                                                   Gerakan Menthokan: Gerakan posisi badan membungkuk telapak kaki napak datar, kedua lutut menempel mendak berjalan ke kepan sehingga pinggul megal menggol seperti mentho berjalan.
5.                                                   Gerak Gedjoh Bumi: Posisi badan agak membungkuk, kaki kanan menapak datar kaki kiri di belakang diangkat tuminya (gejuk) atau di gejoh-gejohkan ke tanah sampai kaki kanan lurus.
6.                                                   Gerak Ngongak Sumur: Gerak kaki kanan ke depan ke belakang pada saat kaki kanan ke depan kepala menunduk ke bawah seperti orang melihat ke dalam sumur), dan waktu kaki kakan di belakang pandangan ke atas.
7.                                                   Gerak Midak Kecik: jalanmunduk dengan ujung  kaki menapak lebih dahulu kemudian baru tumit.
8.                                                   Gerak Lillingan: gerakkan berpasangan yang saling berhadapan antara dua penari. Mereka berpandangan dengan jarak yang sangat dekat . biasanya dilakukan dengan kaki tanjak berhenti dan kepala lenggut-lenggut bisa di lakukan dengan berjalan saling berputar.
9.                                                   Ggerak Kejang: berjalan dengan tumit diangkat. Posisibadan mulai dari kepala sampai kaki kaku lurus sehingga gerak jalan dilakukan terpatah-patah seperti robot.
10.                                                Gerak Bari: kenbali ke gerak saat masuk panggung yaitu gerakan lurus seperti layaknya orang berbaris dengan dhodhog kerep berada di depan, kaki menegikuti gerak dhodhog biasanya menggunakan irama drimband . gunanya untuk keluar dan masuk ppanggung
5.2 LAMA GERAKAN REOG DI LAKUKAN
Demikian kurang llebih penjelasan dasar gerak tari reog yang ditulis dala buku berjudul’’REYOG TULUNGAGUNG’’ dalam rangka pendokumentasian, pendriskripsian dan pembuatan pedoman tari khas Tulungagung. Sedangkan jumlah gerakan dihitung  dengan banyaknya gong  dengan aba-aba dhdhog arang.

  1. KOSTUM
6.1  KOSTUM  BAGIAN KEPALA
1.      Udheng
2.      Guling/ iker
3.      Sumping
4.      Kaca mata

6.2  KOSTUM  BAGIAN BADAN.
1.      Baju
2.      Clono/ kathok
3.      Kain panjang/ jarit
4.      Stagen
5.      Sabuk timang
6.      Kace
7.      Ter
8.      Srempang
9.      Boro-boro
10.  Sampur
11.  Keris

6.3  KOSTUM  BAGIAN LENGAN
1.      Deker
6.4  KOSTUM  BAGIAN KAKI
1.      Kaos kaki
2.      Gongseng/ klinthing.



(sebenarnyaini yg kumaubknterpurukhatidrAS4Nop2012)
3
PANTAI  PELANG PANGGUL TRENGGALEK
( yang kurasa)
Peta                        Indahnya pantai pelang. Keindahan pantai Pelang saya dapat dari teman yang pernah mendatangi tempat itu. Berikutnya teman Fb menginformasikan bahwa pantai Pelang tahun 2012 mendapat perikat satu sebagai pantai budaya seJawa Timur. Semakin besarlah keinginanku untuk menikmatinya.

Libur semester 2012 tepatnya tanggal 26 Desember. Berangkat ingin  membuktikan keindahan patai Pelang. Memang  sudah agak siang, jam 11.00 Wib. Dari tempat kami tinggal di kabupaten Blitar menuju pantai Pelang, sebelum masuk kota Trenggalek belok kanan di daerah Kelutan dilajutkan melewati Karangan.
12262012(001).jpgSetelah Karangan mulailah jalur ke kecamatan Suruh, jalur mulai khusus menuju ke pegunungan.  Jalan yang mulai menanjak dan berbelok,disertai banyak jalan yang ambles . Bila melewati jalan ini kita sudah mulai bisa menikmati indahnya panorama di sisi kanan-kiri jalan. Bukit-bukit yang hijau. Beberapa kendaraan yang membawa hasil ladang membuat perasaan terhanyut damainya hidup di penggunungan. Sudah  lewat jam 12.00 seakan tak habis kelokan jalan di kecamatan Suruh.
JalanMasuk kecamatan Dongko. Berikutnya jalan mulai terjal. Bagai Indonesia tahun 1980-an (makadam). Tanjakan mulai ektrim. Jalan rusak berat berlubang dalam. Beberapa titik ada usaha perbaikan jalan dengan menutup lubang-lubang dengan tatanan batu sekepal, hanya agar rata saja. Jalan yang rusak total kurang lebih 10 km bisa ditempuh dengan 30 menit perjalan karena hujan deras tanpa pagar pembatas sebagai pengaman. Khusus kecamatan Panggul memang mempunyai curah hujan yang lebih tinggi disbanding dari daerah lain. Sepanjang jalan kita bisa menikmati  indahnya kota Trenggalek dari atas bukit karena posisi sudah cukup tinggi.
Swh Udara dingin mulai menghatar saya memasuki jalan yang lebar dan halus. Sangat nyaman dilewati. Nyaman.Seperti jalan di Ibu kota Propinsi. Jalan lebar yang sepi, tidak seperti jalan tadi.  Mulai memasuki kecamatan Panggul.  Dari atas bukit terlihar beberapa tower dan segerombol bangunan. Ya, ibu kota kecamatan Panggul terlihat di bawah sana. Lega rasa hati setelah 4 jam perjalanan dan bertanya sekitar sepuluh kali karena minimnya rambu-rambu.
Sebelum memasuki kota kita belok kiri mengikuti jalan arah Pacitan. Daerah dataran yang di kelilingi gunung hijau. Kanan kiri persawan dan beberapa pengrajin batu bata yang khas. Jalan sempit menuju objek dihiasi tebing batu putih tinggi tegak lurus. Di bawahnya masyakat berladang di tanah subur. Terlihat beberapa gubuk bambu yang ditinggali. Sangat sederhana.
Bawah tebingMemasuki areal parkir. Hanya beberapa mobil terparkir di tanah lapang yang luas ditumbuhi pohon kelapa. Memang pantai Pelang belunlah terkenal dan dipromosikan oleh pemerintah. Dari sini besarnya ombak pantai kelihatan dahsyat. Bibir pantai yang terhalang oleh sungai dan daratan menambah indahnya pantai. Di sebelah barat berjajar bangunan penjual makan dan mushola.
Marilah kita berjalan menuju  ke barat mengikuti jembatan kecil sederhana yang telah dibuat dibawah tebing. Ternyata dibalik tebing terdapat tanah lapang yang ditumbuhi rumput hijau. Areal air terjun. Di sini ada beberapa tenda bambu yang menjual makanan khas desa rujak, minuman kopi,teh dan jajanan kemasan. Sebuah bangunan mushola dan toilet tempat ganti pengunjung setelah  mandi di air terjun telah dibangun..
Air ter 1                   Air ter 2
Koyo12262012(009).jpg
SungaiAir terjun. Tidak terlalu tinggi dan menyebar.  Karena air terjun tidak terlalu tinggi kita bisa mandi dibawah jatuhnya air. Di bagian bawah batu-batu kapur berwarna putih  dengan bentuk nerundak menambah indahnya wisata ini. Kita bisa bermain tanpa tegelam walau anak kecil.  Di aliran air terjun ditumbuhi rindangnya pohon jambu air, Bila anda menginginkan bagian yang  dalam untuk terjun ada di tengah. Sungguh menakjupkan. Sambil duduk di pinggir aliran air terjun hilanglah rasa penat perjalan jauh tadi.
              20 meter dari air terjun kita temui  pantai. Untuk menuju ke bibir pantai harus menyeberangi sungai kecil dari aliran air terjun. Tidak terlalu dalam, dalam keadaan patai surut hanya  setinggi lutut orang dewasa. Bila air pasang bisa setinggi dada.
sungai menuju pantai                                              
                                                           Pemandangan yang luar biasa indah. Pantai dengan hilir sungai kecil dibawah sebuah pulau. Pulau kecil yang bagian bawah tergerus ombak selalu meneteskan air bagai gerimis.  Di sebelah timir pulau terdapapt hamparan pasir yang selalu diterpa ombak besar.Membahayakan untuk bermain. Nun jauh timur lagi tebing tinggi ditumbuhi pohon-pohon liar. Menggelegar dikala ombak menghantam.

Pantai***Keindahan yang luar biasa bisa menyadarkan betapa besarnya kuasa Allah dan betapa kecilnya kita. Wajiib bersyukurlah kita bias  menikmati cipntaanNya.***wid26122012***







4
Sesaben pepanggihan
Sajroning pukasaneng pepangihan
Panyawang kang tumus ana lati
Ora…
ora bakal ana kang lara
Anamung pawedaran rasa

Laku kan tansah ka iring esem
 jejek lampah mesti kapercayan
rasa bonggone pribadi kang kawedar
kadang pancen kroso kaluwih
amugo pancen  ana
duwe lan rasa

panyawang saking njobo
ora semono anggepe
piro-piro  paningal
piro-piro roso
piro-piro suara
sedoyo anggep panggon kang bener
masio kadang ora kasengsem

ojo  cidro roso
ana  kekurangane  jiwo
manungso…manungso
kabeh podo
lepat lan lepat ingkah ana njero jiwo
sedoyo kedah di tompo
kanthi roso legowo
alamun kowe biso

ananging tumindaka  iro
kudu iso njiret sakabehing  angkoro
amirsani sopo siro
sopo sisih iro
sedoyo kang bakal urip ana bunderane urip
kareben ora ngladrang nandang lepat
ora mberet ati kang kahormat

kuciwone ati kang kadung dadi mala
ora semono
kudu gawa esem saben pepanggihan
esem legi
sak temene
kerote untuk kang nahan murko
polah sak polah  kudu kapikir
ojo nganti dadekne lara sak klorone
kudu iso njogo
garis abang kang nate ana
ka owah dadi garise esem sakluarga


pph 16022013sakingpengeling012013






Wedare Roso
Impen wengi kang  nandani
Lelampahan kang bakal kedadean
Percoyo lan ora
Kudu was podo
Nata ati nata laku

Ananging ora mung semono
Nora krasa kapan tumurune
Nalikane lena saka tanda
Tekani wengi kang nora tak karepake
Percoyo sakabehing kapercayan
Lampah sae ingkang dipun tumindak aken
Saben sore
Pangundange Gusti genep kalampahi
Dibarengi carita carita manis
Koyo ora ono kang abot

Tanpa sorot lampu wengi iku
Wungune angen2
Kang ngawali carita ala
Percoyo kudu percoyo
Masio among tanda-tanda

Awan kang tansah peteng
Wengi kang kudu dadi awan
 Nora ono bedane
Ati  gawa awak gubrambyang
Ora ono roso
Amung banyune mata
Mili tanpa ampet –ampet

Tindak lan tumindak
Ora ono
Iki masalah roso
Kuciwa
Bingung
Seseke dada ora tan kiro








5
LAMPAH  KANG  LEPAT

Pepadange cahyo lintang
Saben wayah kang kaucap
Among guyu lan gumuyu
Carita carita sifat lan kesenengan
Oleh medarake rasa kang tan rena
Katanpa kanthi astha kaleh
Pepelinge margi
Kagem anglampahi gesang
Ayem tentrem
Kasar aluse tembung kang kaucap
Kanthi lambaran raous hormat kinormat
Aku kang nate ketemu
Ana sesambungan kang sambung sinambung

Naging sopo iso
 Ngowahi panurune Gusti
Rasa kang iklas kawedar gumuyu
Ka tompo bebase roso

Kok dadeake paugeran
Yen aku sing lepat
Gawe carita sebab musabab

Dangune carita kang ka lampahi
Pudare tembung lan tumindak
Aku among ngadek ana kalepatan
Sedoyo kalepatan.



6
Membangun Mental di Dumay
(Timbang Domblong)
Kehidupan dumay. Masing-masing orang mempunyai  pandangan yang berbeda. Sebagian  orang memandang dumay adalah dunia lain yang tidak ada hubungannya sama sekali.  Pandangan ini biasanya orang akan menyamarkan dirinya atau membentuk karakter  baru.  Kata-kata yang diucapkan  angan-angan , berandai-andai, keinginan hati yang bebas diungkapkan tanpa memandang norma. Dumay hanya media hiburan.
                Membentuk karakter  baru didumay. Luasnya dumay orang akan bisa membuat indentitas diri sesuai keingginan.  Memakai nama, alamat,  hobby, pekerjaan bahkan foto palsu  yang semua itu bisa dibuat sesuai keinginan. Anggapan , orang tidak  akan bisa tahu siapa kita sebenarnya.
                Tulisan yang disajikan lebih bebas sesuai kata hati, bahkan kadang tidak mau tahu apakah kata-kata itu pantas ditulis atau  tidak. Menyingggung perasaan orang lain atau tidak. Merasa dumay adalah miliknya.  Kesempatan bagi orang yang didunia nyata tidak mampu mampu untuk berbuat disinilah wadah untuk pengungkapkan angan-angan. Ingin jadi orang terkenal, kaya,lebay tinggal kemampuan  masing-masing orang mengekpresikan  keinginan.
                Lebih parah lagi, bila Dumay mengabaikan norma susila maupun social yang ada. Banyak yang memaparkan  kata seronok, menyindir/mencaci orang lain, bermesraan dengan pasangan lain, bahkan memasang foto seronok.
                Perlu di perhatikan  seberapa besar seseorang mampu membentuk karakter baru bagi dirinya sendiri?.........yang berarti  membohongi diri  dari dunia nyata. Tidak banyak. Dari sekian kebohongan masih ada terselib kejujuran.
                Dumay bagian kehidupan nyata yang saling terkait. Memandang dumay bagian dari fasilitas yang bisa dinikmati dari kemajuan teknologi. Dumay bisa membantu seseorang untuk mencapai keinginan. Dumay bisa dijadikan sarana untuk mendapatkan uang (pekerjaan), hiburan, reuni, mendapatkan informasi dll.
                Berfikir logis menggunakan dasar agama norma susila dan social.

7
RENUNGAN DI USIAKU

Di usiaku yang sudah tak muda lagi. Serasa ada perubahan pandangan. Kini aku hanya ingin semua baik, tenang, jalani hidup dengan tanpa suatu rasa mengganjal di hati. Saling berkorban antar anggota keluarga.
Kini aku sudah punya pekerjaan tetap. Sebagai PN bukan suatu pekerjaan yang diburu waktu. Secara ekonomi cukuplah untuk gaya hidup sederhana. Menata keuangan sesuai kebutuhan dan masukan.
Mungkin benturan-benturan yang selama ini ku alami juga membuat ku  lebih sabar. Selalu jaga kata dan memilih teman. Cuek harus pula di tanamkan dalam berinteraksi, bila tak ingin kritikan pribadi kembali terlontar. Ingat aku sudah bukan anak-anak lagi. Ternyata tak perlu berfikir teman, saudara, tetangga atau siapapun. Kata harus di jaga.
Mungkin baru kali ini merasakan, kesalahanan yang pernah ku lakukan ternyata ada hikmahnya pula. Aku menjadi berwawasan lebih. Semua kata yang aku dengar hanya angin lewat  saja. Semua keindahan hanya sebatas angan.  Kembali semua kebahagiaan ada pada keluarga,
Aku jadi  bisa, melihat manusia dari sisi lain. Memang banyak orang menyebunyikanya karena itu tabu, tak pantas bahkan bak hewan. Sebenarnya semua mengalami hanya saja mereka banyak yang tak mampu untuk mengatakan. Ya......aku benar-benar gterbuka lebar melihat hitamnya dunia.
Menyadari semua yang terjadi. Tapi harus mawas diri janganus banyak  sampai hanyut dalam sebuah elingi permainan dosa dan kesulitan yang takkan terhapus selamanya. Semua ahnya sutga fatamurgana.
                 Di usia yang hampir tua, harus banyak memandang siapa diri kita. Agar kuat menahan derasnya arus  Yang telah sengaja di masuki. Kalu memag lulus kita akan mencapai kebahagiaan yang abadi.
Jangan sampai kita menyalahkan orang lain. Yang paling bersalah adalah kita sendiri. Kita yang tidak bisa menempatkan diri kita sesuai keinginan orang lain. Pandailah  bersikap, sebenarnya kita diciptakan allah sama. Semua diciptakan oleh Allah sama.




8
TANGIS  PEMBURU DOLAR
“Sudah makam mam “sapanya  setiap pagi, siang dan malam hari. Kata-kata itu sudah 40 hari tak terlulis lagi di hpku. Kata yang dulu dikirim mas Rama. Laki-laki asal jawa tengah yang kukenal di sebuah model chating. Umurnya 3 tahun lebih muda  dariku. Aku benar-benar hilang akal, yang kurasa hanya kangen selalu menderaku. Laki-laki muda ini yang bisa membuat aku tersenyum saat keluargaku di goncang masalah 2 tahun lalu.
Sambil duduk di taman. Aku kembali menerawang kejadian masa lalu.Suamiku mas Bagus menyeleweng setelah ku tinggal di negeri orang. aku tak tahu.....dialah yang sangat bersemangat mendorongku untuk pergi ke luar negri. Katanya dia pingin punya mobil. Mas Bagus sendiri kerja tani sawah milik orang tuanya. Penghasilan yang sangat minim  di tabung untuk mebeli sebuah mobil.
 “ Dik kapan ya kita punya mobil?” katanya suatu  ketika ada mobil bagus lewat di depan rumah kami.
 “ ya nanti kalau kita sudah punya uang” jawabku.
 “ Apa uang tabung kamu nggak cukup untuk beli yang lama aja” tanyanya mulai mendesak.
“ Nggak mas” jawabkku singkat.
“ Kita tanami dulu tanah yang baru kita beli, hasilnya kita tabung untuk beli mobil” aku balik jawab.
            Hari demi hari. Desakan itu makin sering. Di satu sisi ku ingin memenuhi keinginan suka amiku tercinta. Di sisi lain tabunganku tinggal sedikit untuk biaya sekolah Asnala anak perempuanku yang kini mulai masuk TK.
            Setelah beberapa kali diskusi aku harus kembali ke negeri Beton. Ini kali kedua aku harus tinggal di kota Hongkong. Dulu ketika lajang 5 tahun di negeri ini aku bisa nabung dan membuat rumah yang aku tempati dengan mas Bagus.
             Nasibku kurang baik ternyata, setahun aku di Hongkong mas Bagus meyeleweng dengan perempuan lain. Keluarganya pun menelponku dengan nada menyalahkanku. “Ndri ....bisa tidak bisa kamu harus pulang sekarang, suamimu Bagus dapat cewek lagi. Perempuannya minta di nikakhi” kata Sri kakak iparku. Rasanya seperti tersambar petir di siang bolong. Aku duduk lemas sambil memeluk mesin cuci yang masih menderu. Baru kemarin mas Bagus menelponku seperti biasanya. Semua baik-baik saja seperti tak terjadi apa-apa.
            Semalaman Hpku berdering terus. Hanya kupandangi nomer-nomer yang menelponkku, tak kuasa aku mengangkatnya, hanya derai air mata yang ada.
            Sebelum subuh aku sudah keluar kamar melakukan aktifitas, sama sekali tak bisa tidur semalaman. Rupanya majikanku memperhatikan keadaanku.
Dia berkata” suamimu menelponku beberapa kali, katanya kau tak angkat telpon darinya”.
 Ku hanya diam sambil menunduk.
“Ndri.....” panggilnya.
“Ndriiiiii........” pangginya lagi.
“ Ya” jawabku.
“ Ada apa dengan keluargamu” tanyanya sambil menghapiriku.
“Saya minta pulang” kataku lirih.
“ Ok, kamu bisa pulang tapi 3 bulan gaji tidak aku berikan, kalau kau tak kembali” katanya sambil menyodorkan Hpnya kepadaku.
Ternyata mas Bagus menelponku.
“  Ya mas aku pulang” jawabku tanpa pedulikan apa yang di katakan.
Esok siangnya aku dah sampai di bandara. Tiga jam naik trevel sudah sampai ke rumah. Seperti mimpi ya.....semuanya seperti mimpi. Aku tak tahu rasanya badan ini. Ku terlalu kalut. Ketika turun dari trevel rumahku gelap. Semua lampu mati kecuali lampu teras. Kulihat jam 02.00.
            “Sudah mas” kataku pada sopir trevel.
            “ Nggak ditemini sampai dibukakan pintu?”  tawarnya.
            “Nggak, trimakasih......” jawabku.
            Pak sopirpun melajukan kendaraanya. Ku buka pintu pagar pelan-pelan. Ku duduk di kursi teras. Semua masih seperti setahun lalu saat ku tinggalkan, tak ada yang berubah hanya sedikit kotor. Dulu rumah itu aku bangun. Aku ingin membina keluarga dengan mas Bagus pacarku sejak sekolah. Keluarga sederhana yang sejahtera, tapi.....Lamunanku terpecah. Sebuah sepeda motor masuk kehalaman.
“ Mas Bagus....” tak tersadar suaraku lirih.
“Ndri” mas Bagus menyapaku tersentak.
              Mas Bagus tergopoh-gopoh turun dari sepeda dan membukakan pintu. Semua lampu di nyalakan.
              “Asnala” kataku.
              Dia menunjuk kamar ibuku. Ibuku terperanjat saat mendengar suarku.
              “Nala”, Sambil ku ciumi.
              “Nala maafkan ibu” kembali kataku terlontar.
              “ Sudahlah Ndri” sapa ibu sambil ikut berjongkok memelukku.
              Sampai subuh kami bertiga berbincang kesana kemari mengabarkan saudara sambil ku buka koper bawaanku. Suasana kaku. Hanya ibu yang mencercaku dengan pertanyaan-pertanyaan. Suara subuh berkumandang.
              “Andri, Bagus kalian sholat jamaah, terus tidur dulu” mas kata ibuku.
Tanpa sepatah kata Bagus berdiri mengambil air wudlu. Kami berdua berjamaah. Ku tak tahu, sejak mas Bagus mengucap Bismilah, air mata ini tak dapat terbendung lagi. “Haruskah ini berakhir” tanyaku dalam hati. Aku sudah tak bisa khusuk. Lafal-lafal yang ku ucapan tak tahu lagi benar atau salah.
              Aku bangun sudah jam 10,  luar kamar sudah ramai saudara dan tetangga yang ingin mengabarkan kedatanganku. Begitu seharian kejadianya.
Sore hari selepas asar baru bisa bicara sama mas Bagus. Aku dulu yang membuka pembicaraan. Kata yang telah ku simpan berhari-hari.
              “Mas sebelumnya aku minta maaf bila aku nanti salah” pintaku pada mas Bagus. Dia hanya diam duduk berhadapan denganku di ruang tamu.
              “Apa betul yang di katakan mbak Sri, mas pacar mas minta dinikahi?” tanyaku.
              Lagi-lagi mas Bagus hanya menganggukan kepala.
              “Siapa dia” tanyaku ingin mendengar suara mas Bagus.
              “Nurlina” jawabnya lirih.
              “Astagfirlloh.....” tak segaja kata-kataku keluar agak keras.
              “Nurlina, suami pak Herman paman kamu?”  sambungku.
              Mas Bagus menganggukkan kepala. Kami terdiam . Ku menanti kata selanjutnya dari Mas bagus. Tak ada..........dia tak mengucap kata sepatahpun. Ku artikan aku sudah tidak di butuhkan dalam keluarga ini.
“Mas mari kita sowan ke rumah orang tuwamu” ajakku.
              Tak sampai setengah jam sudah sampai di rumah mertuaku yang hanya tetangga desa. Ketika ku ucapkan salam di depan pintu ternyata yang menjawab hampir semua kakak dan adik iparku. Rupanya sudah mempersiapkan diri menyambut kedatanganku.
              “Maafkan Andri pak” kataku sambil sungkem pada  mertuaku laki perempuan.
“Tidak Ndri....maafkan Bagus” kata yang keluar dari mertuaku laki-laki sambil memelukku.
Setelah semua bersalaman aku dan mas Bagus duduk berdampingan di tengah-tengan duduk mereka.
“Bagaimana kabarmu Ndri?” tanya mertuaku.
“Baik pak, saya sehat?” jawabku kaku.
“Alnala sudah mau kau ajak?” tanyanya lagi memecah kesunyian.
“Belum ..., tapi sudah mau mendekat” jawabku penuh harapan.
Sunyi lagi semua mata tertuju padaku. Tak ada yang mengajukan pertanyaan atau menyapaku lagi. Aku merasa tak berguna lagi di keluarga ini.
“Maaf pak bila kata-kata nanti ada yang salah. Kedatangan saya kesini saya mau menyerahkan kembali mas Bagus ke keluarga ini karena kami sudah tidak mempunyai pandangan yang sama. Saya......tidak bisa mengabdi dengan baik sebagai istri” kataku tersendat.
“ Andri....maafkan anakku Andri maafkan.....” suara keras mertua perempuanku pecah sambil menangis. Beliau memeluk erat aku. Aku tak bisa berbuat apa-apa. Kakak mas Bagus menghampiri mertuaku dan melepaskan pelukanya.
“Apa sudah kamu pikirkan keputusanmu Ndri...” tanyanya lagi.
“Maaf pak....saya pergi karena mas Bagus menginginkan bisa beli mobil, Sekarang pun saya hanya memenuhi keinginan mas Bagus” jawabku.
“Lalu kamu....?” tanya belia lagi.
“Ini nasib saya pak, apapun yang terjadi harus saya jalani” jawabku lagi.
            Suasana makin kaku. Pertanyaan demi pertanyaan berjarak lama. Akhirnya aku pamitan untuk pulang. Bukan mas  Bagus yang mengantarku tapi adiknya yang bernama Ridho. Selama perjalanan hatiku sangat sedih. Air mata terus mengalir. Mengapa tadi di depapn banyak orang aku bisa tegar dan dengan tenangnya aku bisa mengatakan melepaskan mas Bagus. Kini aku sangat pilu. Tak sengaja kusandarka kepalaku di bahu Ridho. Sampai dekat sawah yang agak sepi Ridho menghentikan mobilnya sambil berkata “ Aku tahu perasaanmu”.
            “Terus” Jawabku sambil tersentak tersadar.
            Dua Minggu sudah......Semua selesai. Kini aku berangkat lagi meninggalkan harta paling berhargaku Asnala dan ibuku. Dengan harapan tidak hanya dapat uang tapi aku harus bisa melupakan  pilu yang ku rasakan.
 Berapa puluh minggu sudah aku di negeri orang. Bekerja ditemani duka di masa lalu. Ditiap minggu aku ke taman duduk-duduk santai bersama teman sesama TKI.
Dreeeet ....dreeeet hpku bergetar. Ku lihat mas Rama yang nelponku. Dengan penuh harap segera ku angkat “ Asalamuallaikum” salamku.
“Waallakumsaalam” jawabnya suara perempuan.
“ Betul ini mbak Andri yang sering di telpon mas Rama ya” tanyanya lanjut.
“ Ya, aku Andri, maaf ada apa ya?” tanyaku heran.
“Akuuu Nirma” suaranya parau sambil menangis.
“Adiknya mas Rama kan?” tanyaku menyakinkan. Memang mas Rama beberapa kali menyuruhku menelpon adiknya agar kelak kalau pulang sudah kenal keluarganya.
“Ya mbak......mas Rama.....mas Rama....” suaranya tersendat.
“Kenapa mas Rama ?” desakku.
“Kecelakaan meninggal” suaranya lirih.
“Ya allaaaahhhhhhh” suaraku ........
Badanku lemas. Kini sudah musnah semua harapan. Lelaki yang berhubungan seirus denganku, yang lima tahun menghiburku di dunia maya tak kan bisa bertemu lagi. Kami sepakat, dua bulan lagi aku pulang akan saling bertemu. Memperkenalkan diri pada keluarga masing-masing. Bila cocok akan berlanjut ke pernikahan. Kini aku harus menghadapi semua sendirian lagi. Ya ini hidup yang aku jalani.

9

Tour Seni Tradisi Reog Ponorogo

Sebagian Sandaran Hidup
PENAMPILAN GRUP GABUNGAN DENGAN BERBAGAI ATRAKSI
Hari Minggu di daerahku di datangi sekelompok kesenian tradisional Reog Ponorogo. Grup keliling yang mempertontonkan kesenian  tradisional  asli Ponorogo. Seminggu sebelum tampil sudah pementasan .Sehari sebelum penampilan ada “ledang/ bende” keliling. Minggu paginya  semua “dadak merak” yang berjumlah sembilan belas ditata berjajar di pinggir jalan dekat pasar untuk menarik calon pengunjung.
Waktu yang ditentukanpun tiba. Jam 13.00 wib pengunjung mulali memasuki lapangan yang diberi sekat terpal hijau agar penton di luar tidak dapat manelihat. Tiketnya sangat terjangkau untuk semua kalangan, cukup Rp 8.000 untuk dewasa dan Rp 5.000 untuk anak-anak.
Pada penampilanya mereka terdiri dari gabungan beberapa grub yang bergabung menjaadi satu. Ini di buktikan jumplah “dadak merak” 19 buah yang ditamppilkan. Penampilan aslinya hanya 2, itu saja karena ada adegan dadak merak tarung.
Jam 13.30 wib 19 dadak merak  merak mulai memasuki arena. Enam dadak merak di duduki penari jatulan  cantik yang menari-nari di atas kepala Singa sebagai lambang Dewi Songgo langit. 
Dengan semangat sang pengrawit mengiringi gerak dadak merak yang meliuk-liuk, beberapa dadak merak  sesekali atraksi beguling di tanah sambil tetap menyangga -+ 50 kg berat dadak merak. Alat musik yang digunakan sebuah gong, satu kenong, satu kendang dodog, terompet dan di modifikasi dengan sebuah drum.
Sang penyanyi tak kalah semangatnya mengalunkan lagu-lagu, mulai dari lagu dangdut, pop, kosidah, sampai lagu perjuangan.
 Seorang warok di ikuti beberapa”gemblak”  dan seorang yang  memakai topeng merah. Mereka menari-nari seirama iringan kendang yang tegas untuk penekanan gerak-gerak mereka. Waroklah yang menata semua yang ada di arena pentas.
Semua pemain sudah memasuki arena. Posisi menjadi bentu U. Para penari jatilan putri turun dan menari melenggak-lenggokan tubuhnya dengan  gemulai. Dadak merak ditata bebaris berjajar kiri dan kanan arena.
Mulailah masing-masing  anggota beratraksi koprol, kayang, atau melenting ke udara. Untuk atrasi kelompok mereka menampilkan atraksi bersusun ala chilider dengan berbagai gaya disambung koprol dengan melewati 3 orang pemain. Tak kalah menariknya atraksi mengupas  kelapa dengan gigi dan memecahnya dengan kepala. Sang Mc yang sejak awal menerjemahkan setiap atraksi dan menceritakan tetang asal muasal reog ponorogo menyiarkan “ Kalau anda percaya kupasan kelapa (sepet bahasa jawa) di letakkan di kandang ternak maka  ternak anda akan sehat  dan segera beranak,dan bila anda tidak percaya niscaya tidak akan terjadi apa-apa”. Sontak pengunjung  berebut kupasan kelapa. Bahkan dari ujung lapanganpun ada yang menyerbu ke arah pojok.
Setela sekitar 3 jam beratraksi dengan ditabuhi irama kas dengan kendangan yang enak dibuat gerak semua dadak merak  menari membentuk garis lurus.....Hemmmm kelihatan indah sekali.  Dengan meliak liukkan dadak merak seorang penari putripun ada yang mengkat, Padahal  beratnya sekitar 50 kg.
Atraksi yang terakhir yaitu pemuda dengan menggunakan topeng merah memanjat tali yang di ikatkan ke dua jajar bambu tanpa bantuan apapun.  Dengan santainya tiduran di atas, mengangkat ke dua kaki, pura-pura naik sepeda, bahkan bergelantungan hanya dengan kaki yang mengait pada tambang.

PEMAIN REOG PONOROGO
Di jaman yang serba modern . Kita bisa menikmati semua jenis dan model hiburan yang serba bagus dengan ukuran internasional. Di tengah perkembangan teknologi sekarang ini ternyata ada sekelompok seniman desa yang tidak pernah menempuh pendidikan seni secara formal berani menampilkan suatu grub reog yang di gunakan untuk sarana mencari uang. Mereka rela merantau ke daerah-daerah yang puluhan kilo  jaraknya bersepeda motor, untuk menampilkan reog ponorogo. Spekulalsi yang sangat besar. Suatu kesenian yang berani di tampilkan di daerah lain.Apakah penonton selalu banyak? Apakah hasilnya bisa menghidupi anggotanya yang berjumlah puluhan itu?
Tentunya bukan suatu hal yang sepele. Harus mempunyai rasa percaya diri yang tinggi dan keiklasan yang luar biasa, demi cintanya kepada kesenian daerah dan ingin melestarikan. Mereka  menggantungkan  hidup kepada kesenian reog. Mereka bukan orang kaya raya yang sekedar menyalurkan hobi kulit tubuhnya hitam kusam atau pagawai yang sedang menjalankan tugasnya.Ini terlihat dari pakaian yang dikenakan lusuh. Mereka pekerja kasar. Mereka lupakan sawah ladang di kampung halaman. Memilih reog keliling sebagai sandaran hidup. Pada penampilanya yang harus mengurus ijinlah, promosilah, menyiapkan alatlah....bukan pekerjaan yang sederhana dan menjajikan. Sehari menjelang penampilan harus menyiapkan arena yang telah dibawanya. Malamnya mereka hanya tidur di tengah lapangan tanpa menggunakan tenda yang memadai.
Makananpun hanya di warung pojok sederhana seadanya. Maka bukan pemandangan yang aneh bila satu batang rokok di hisap beberapa orang. Kebersamaan itulah yang tidak terlihat di pecinta seni lain. Tapi kadang orang memandang sebuah kehinaan.
 Mereka adalah seniman sejati  yang melupakan timpukan uang di negri orang dan memilih di negeri sendiri hidup dengan seni. Mampukah kita mejadi seniman seperti mereka?



10
UMPATAN
JANGAN BUAT AKU MENGUMPAT
            Suatu saat kita sering mendengar seseorang mengumpat. Sebenarnya apakah umpatan itu?
Menurus Kamus Besar Bahasa Indonesia mengumpat adalah  1umpat (umpatan) n perkataan yang keji-keji (kotor)dsb yang diucapkan karena marah (jengkel, kecewa, dsb) cercaan; makian;sesalan: -dan puji tidak pernah bercerai, selalu ada yang mencela dan ada yang memuji; tindakanya mengakibatkan sesal -dan dr keluarga sendiri; - tidak membunuh, puji tidak mengenyang, pb baik celaan maupun pujian tidak dihiraukan;
Mengumpat 1 verb  mengucapkan kata-kata keji, tidak pantas, kurang adat untuk menyatakan kemarahan atau kejengkelan: sayang sekali, anak kecil itu sudah berani – tetangganya.;
Versi lain Mengumpat 1. mengeluarkan umpat(an); memburuk-burukkan orang; mengeluarkan kata-kata keji (kotor) krn marah (jengkel, kecewa, dsb);
source: kbbi3
            Dari makna yang diperoleh ternyata mengumpat adalah perkataan yang kotor yang dilontarkan kepada orang lain karena merasa kecewa atau jengkel. Mengumpat merupapkan ucapan   untuk mengungkapkan suasana hati yang tidak enak .
            Sedangkan ungakapan dengan kata dasar ungkap yang maknanya melahirkan perasaan dengangan hati melalui kata-kata. 1 Ungkapvmelahirkan perasaan hati ( dgn perkataan, air mata, gerak gerik): mengarang itu dpakainya untuk- ini hati: 2 menunjukan; membuktikan; menyikapkan (tt sesuatu yang tadinya masih menjadi rahasia atau tidak banyak diketahui orang): keterangan itu – bahwa dia sebenarnya dia banyak uang;3mengemukakan; menyatakan; memaparkan; saya akan – garis-garis besanya saja;-sebuah panorama sebuah percintaan  anak-anak muda;4 menerangkan dengan jelas ; menguraikan: ia belum – apa funfsi sebenarnya dr tulisan itu.kbbi 991.
Contoh umpatan yangsering di gunakan anjing, jancuk,gatel, semua anggota tubuh di tambah –mu di belakangnya.
Suasana hati seseorang itu bemacam-macam sesuai stimulus yang di dapat pada saat itu.Apabila seseorang saat suasana ahti tidak enak sedangkan bibir Tk terkenadalikan, maka yang terucap adalah kata-kata kotor atau umpatan. Maka dalam kehidupan sehari-hari bukanlah kata kotor yang harus di musnahkan tetapi pengendalian diri untuk tidak berkatakotor. Pandai-pandai dirilah mengubah hal yang menyebabkan suasana hati tak enak menjadi sesuatu yang nyaman kita rasakan agar tidak keluar kata-kata kotor atau umpatan.
Bergunakah umpatan itu di gunakan?
Seseorang kadang perlu suatu bentuk kata yang bisa mewakili perasaanya. Tak harus rasa tak enak itu selalu di pendam, memang sebagian orang mampu memendam rasa marah, jengkel, kecewa tapi ada kalanya semua rasa itu dikeluarkan agar orang lain mengetahui dan paham suasana hati seseorang. Contohnya bila kita selalu di ejek oleh orang lain sesekali kita perlu marah agar orang yang selalu mengejek itu tahu bahwa kita tak suka dengan ejekanya. Asalkan tidak berlebihan. Sekali lagi bukan umpatan yang dihilangkan tapi hsrus menata hati agar tidak mengeluarkan umpatan.
Dan apabila  tidak ingin mendapat umpatan berhati-hatilah berkata kepada orang lain, karena kadang kita tiak menyadari bahwa kata yang kita ucapkan menyinggung perasaan orang lain yang akibatnya mendapat umpatan dari orang tersebut.
Sanggupkah kita tidak mneggumpat?
11
RONDA AKANKAH MENJADI BUDAYA YANG HILANG
                        Saya tinggal di sebuah desa 17 km dari pusat kota dan 4 km dari kantor kecamatan. Rumahku di pinggir jalan raya antar kecamatan yanng dilalui angkutan umum setiap saat, tidak terlalu pelosok. Kalau bulan puasa tiba jalan depan rumah makin ramai orang lewat ke pasar maupun ke kota untuk membeli persiapan hari raya. Ada yang kurang puasa kali ini, yaitu tak setiap malam ada warga yang ronda.
                        Ronda adalah usaha untuk membangunkan warga untuk makan sahur di bulan puasa dengan kentongan atau barang lain yan menghasilkan bunyi-bunyian. Mereka mengkreasikan cara menabuh agar terdengar seindah mungkin.
Di masa kecilku sekitar tahun 1980-an ronda di lakukan oleh anak-anak sedesa hanya dengan kentongan saja. Mereka kebayakan usia SD dan SMP. Anak-anak ini membuat kelompok yang terdiri dari 4 atau 5 anak, bahkan bisa lebih. Biasanya pembuatan kelompok berdasarkan tempat surau/ langgar mereka taraweh, tadarus,dan mereka tidur.Sengaja mereka membuat kelompok banyak anak karena pada jaman itu belum ada listrik masuk desa. Mereka mengandalkan senter atau obor (oncor jawa) sebagai penerangan, atau bahkan tidak membawa alat penerangan di saat bulan purnama. Dengan memakai sarung yang disrempangkan di bahu, celana pendek dan memakai kopyah(songkok) mereka memukul kentongan dengan cara yang berbeda sehingga menimbulkan bunyi yang rancak. Sambil berteriak “sahuuuurrrrrr sahuuuurrrrrr” mereka tak segan mengelilingi setiap rumah warga agar warga benar-benar terbangun. Maka tak jarang pula cerita dari mereka ada yang masuk lobang tempat pembuangan sampah (joglangan jawa) di pekarangan belakang si empunya rumah. Bahkan ada pula dari mereka yang digigit ular. Akhirnya ronda dengan mengelilingi rumah warga inipun tak lagi dilakukan. Hanya meronda di jalan-jalan.
Perkembangan selanjutnya, sekita 3 tahun kkemudian. Tidak  hanya menggunakan kentongan saja sudah mulai di tambah benda-benda yang menghasilkan suara keras contohnya kaleng, drum, besi dsb.  Kentongan yang terbuat dari mambu sudah mulai di modifikasi menjadi calung yang bila di tabuh menghasilkan  2 atau 3 jenis bunyi sehingga mirip iringan jaranan. Dirasa lebih enak di dengar ada dari kelompok  mereka yang benar-benar menggunakan alat musik gong, kenong,kluncing sebagai alat meronda. Karena alat yang digunakan sudah alat-alat besar dan berat yang tak mampu dibawa sambil berjalan, mereka menggunakan gerobak  untuk membawanya. Jalan-jalan yang dilalui saat merondapun makin terbatas pada jalan-jalan besar di desa.
Pada tahun 1985-an selain menggunakan alat musik tradisional muncul model meronda menggunakan seperangkat sound sistem yang biasa digunakan saat hajatan. Salon spiker aktif diletakkan di atas mobil pick up dan menggunakan mesin diesel sebagai sumber listrik. Mesin disel di letakkan pada gerobak yang di kaitkan dibagian belakang mobil pick up.  Dengan memutar lagu-lagu baru yanng sedang hit saat itu mereka membangunkan warga dengan memanggil nama-nama yang dikenal oleh peronda melalui pengeras suara saat tepat melewati depan rumah. Cara meronda ini dilakukan para remaja usia atau bahkan oranng-orang dewasa. Jangkauan merondapun lebih luas, bisa satu wilayah kecamatan sambil  bersaing mempromosikan sound sistem mereka.
Mulai tahun 1990 sudah ada listrik masuk desa.  Selain meronda menggunakan  alat musik tradisional yang dinlakukan oleh mereka yang usia anak-anak dan sound sistem keliling ada model meronda baru. Di mashjid atau surau membangunkan warga menggunakan pengeras suara. Ada yang lebih menarik yaitu adanya grup sholawatan yang membawa alat musiknya berkeliling memakai sepeda motor untuk meronda. Bila ada lampu jalan yang sekiranya  tiangnya pendek bisa di jangkau untuk diambil strumnya guna menyalakan alat musik mereka berhenti mengaitkan kabelnya. Mereka memainkan 3 atau 4 lagu  di setiap perhentianya. Grup ronda ini termasuk banyak penggemarnya. Mereka tidak sekedar bangun untuk makan sahur tapi juga keluar rumah untuk menikmati lagu-lagu yang disajikan dari dekat. Mereka para penggemar bergerombol menyakksikan setiap tapil, bahkan bisa reques lagu-lagu yang di sukai. Kelemahanya tidak bisa dibunyikan di sepanjang jalan. Hanya tempat-tempat tertentu mereka bisa membunyikan alat musiknya.
Tahun demi tahun seiring majunya teknologi. Mulai  jam beker yang diprogram dengan memutar secara manual, jam meja yang memakai baterai , dan sekarang ditahun 2014. Orang ingin bangun tidur tinggal memprogram di Hp sudah berbunyi sesuai yang diinginkan. Bahkan dengan HP android,bbm  dan bild up mereka bisa saling membangunkan melalui grup-grup yang dibentuk.
Anak-anak sudah tidak rajin lagi tadarus di langgar. Sehabis tarawih mereka pulang tak mau lagi tidur di masjid atau surau. Mungkin ini yang menggeser budaya ronda. Memang masih ada 1 grup ronda tradisinal yang membunyikan calung dan kendang yang terbuat dari paralon yang ujungnya di balut ban mobil bagian dalam. Inipun sudah tidak setiap malam meronda. Tahun depan, depanya lagi masihkah ada yang mau meronda??????????????????????????????????


12
DELIKAN PERMAINAN TRADISONAL SOSIAL ALA JAWA
            Pada sore hari, atau di hari-hari libur anak-anak sering  bermain dengan teman-teman untuk mrngisi waktu luang.  “Permainan  atau Gim merupakan sebuah aktifitas rekreasi dengan bertujuan berseng-senannng, mengisi waktku luang, atau berolah raga ringan. Permainan biasanya dilakukan sendiri atau berkelompok”.(http://id.m.wikipedia.org/w/index. Php?........tanggal 12-7-2014)
            Di lingkungan  yang masih terlihat keakraban antar  anggota masyrakatnya, banyak permainan  yang bisa dilakukakn secara beramai-ramai dengan teman-teman nereka di halaman atau teras rumah. Mereka berkelompok berlarian memainkan salah satu permainan dan tercipta  . Beberapa  permainan tercipta pada beberapa masa yang lalu sehingga  bisa dikatakakn  permainan tradisional.
            Permainan tradisional setiap daerah mempunyai nama, model, dan cara aturan main yang berbeda. Di daerah bisa kita jumpai beberapa permainan yang bisa dilakukan oleh banyak anak, contohnyadelikan,  bak sodor, jumpritan, enthik, nekeran,gedrik dsb.
Kali ini saya akan menyampaikan permainan  Delikan yang biasa dimainkan di daerah saya yaitu kabupaten  Blitar bagian barat perbatasan dengan kabupaten Tulungagung tepatnya di desa Kaliboto kecamatan Wonodadi.  . Delikan sebagai salah satu permainan yang berkembang di jawa  sangat di sukai anak-anak. Permainan ini bisa beranggotakan  3 atau lebih anak bahkan bisa dilakukan sebanya-banyaknya anak. Makin banyak anggota makin asyik permainan ini di lakukan. Pada jaman-jaman dahulu  permainan ini bahkan bisa dilakukan sampapi beberapa hari sebagai lanjutan hari pertama main.
                        Permainan Delikan dilakukan diawali dengan Hom. Hom ini cara untuk menentukakn siapa yang “besang” (jaga). Hom adalah mengadu telapak tangan tengadah(mlumah) atau terkurap (murep). Dengan mengucapkan bersama “ hompimpah alaihum  gambleng”  telapak tangan digerakkan kekiri kekanan dan saat bunyi terkhir masing-masing  anak menengadahkan tangan atau tengkurepkan tangan. Anak yang tangan tidak sama dengan teman dianggap kalah atau besang.  Andai yang kesamaanya banyak mereka dianggap menang. Misalnya ada 5 anak, bila yang  mlumah 3 dan murep 2 maka yang 3 sudah dianggap menang, sedang yang dua “Sut”/ Suit.
Sut  yaitu  mengadu jari jempol, telunjuk, dan kelingking. Dengan perjanjian yang umum di terpkan yaitu jempol menang  dengan telunjuk. Telunjuk menang dengan kelingking. Kelingking menang dengan jempol.
Bangi  anak yang kalan harus besang (berjaga). Caranya yang berjaga memegang tiang atau pohon sebagai Pal ( pusat permainan) yang di sepakati.  Biasanya pal ditentikan berupa benda yang mempunya ketinggian di atas tubuh anak-anak misalkan pohon atau tiang agar mudah memegangnya. Letak pal biasanya menganbil poho/tiang yang berada di tengah-tengan halam atau yang paling mudah di jangkau  dari segala arah.
Anak yang besang/ jaga memegang pal sambil menutup mata berhitung 1-10 dilakukan dua kali. Teman yang tidak besang berlari mencari tempat persembunyian atau Delik. Mereka bersembunyi di bawah tembok, di balik tumbuhan atau kadang ada yang rela masuk “joglangan” (lubang untuk membuang sampah).Luas wilayah delik pun tidak boleh jauh atau disepakati  sebelum  permainan. Luas wilayah delik pun tidak boleh jauh atau disepakati  sebelum  permainan. 
Sambil bersembunyi mereka juga mengintip gerak gerik anak yang besang.Bila kelihatan terancam diketahui mereka akan pindah tempat persembunyian. Anak yang besang mencari kesana kemari teman-teman yang bersembunyi.  Bila sudah menemukan di bilang ” Dul.....”dengan menyebut nama teman  dan kadang tempat yang di temukan. Misalnya “Dul Andri  di balik tembok”, jangan lupa segera  memegang Pal. Sang anak yang diketemukan pun keluar dari persembunyian. Bila lama tak di ketemukan biasanya  yang bersembunyi menggoda  dengan teriakan “hoe” ,” Koek”, atau “kuk”. Bila sulit diketemukan dengan hanya memandang ke kiri ke kanan yang besang mencari menjauh dari Pal.
Di saat yang besang menjauh dari Pal inilah anak yang belum diketemukan berusaha mendekat Pal  tanpa di ketahui yang besang. Andai diketahui,  mereka harus beradu lari untuk memegang Pal lebih dahulu. Bila yang besang kalah mencapai Pal atau  Pal lebih dulu di pegang yang bersembunyi maka teman yang tadi sudah ditemukan berhak bersembunyi lagi. Begitu seterusnya.
Bila semua teman bisa diketemukan semua maka, yang besang atau berjaga adalah teman yang diketemukan paling dahulu. Begitu permainan dilakukan berulang-ulang.



14

SEBATAS PITA MERAH PUTIH DI LENGAN

                “Hei...hei... sini”,Suara teriakan seorang laki-laki dari kejauhan.
                Aku tersentak. Ku toleh asal suara itu, seorang laki-laki itu melambaikan tangan padaku. Isyarat agar aku mendekat padanya. Langkahku hentikan. Kembali aku menatapnya.
                “Ya, kamu sini”, Lanjutnya.
                “Kamu tahu mengapa aku panggil?, Mengapa  kamu terlambat?, Rumahmu mana?”, Tanyanya nerocos.
                “Kok diam”, Tanyanya lagi.
                “Eh...eh...maaf saya terlambat karena kesiangan bangun”, jawabku dengan gemetar.
“Kamu terlambat, sebelum masuk kelas kamu besihkan dulu kamar mandi putri, kalau sudah selesai lapor sini dulu”, Perintahnya.
“Ya kak”, Jawabku sambil geloyor pergi.
Hari ini memang pertama aku masuk kuliah. Masa orientasi mahasiswa baru di sebuah universitas swasta di kota kecilku. Aku sengaja tak sekolah jauh ke luar kota agar aku bisa pulang setiap hari. Biaya hidup lebih murah, tak usah membayar rumah kost dan makanpun tetap dengan orang tua. Aku hanya anak seorang guru dan ibuku berjualan nasi pecel. Tiap pagi aku membantu ibu di warung.  Pelangganya cukup banyak. Apalagi kalau hari pasaran.  Tempat yang strategis, di sebelah barat pasar desa dan timur pasar hewan. Kadang karena banyak yang harus ku kerjakan di siang hari menyiapkan masakan esok harinya aku kepayahan, aku sering tidur terlalu pulas. Al hasil pagi telambat bangun. Kali inipun begitu juga aku terlambat masuk hari pertama kuliahku.
“ Cepaaaaaat.......”, Suara kakak tadi mengagetkanku.
“ Cepat, acara sudah mulai”, Lanjutnya sambil berjalan ke luar.
                “ Ya kak”, Jawabku.
Setelah ku siram semua segera ku susul langkahnya.
“ Sudah kak” Laporku
                “ Ok, siapa namamu?”, tanyanya.
                “Mirna, Mirna  Kurniasari”, Jawabku.
                “ Aku Mahendra, Mahendra Suryadarma”, Jawabnya sambil mengulurkan tangan.
                “ Terimakasih”, kusambut jabat tangannya sambil sedikit menundukkan kepala.
                “ Silahkan masuk ruangan”, mempersilahkanku.
                Ketika aku masuk sebuah ruangan acara sudah mulai. Aku mendapat duduk paling belakang.
Hari ke-dua aku datang tidak terlambat, langsung menuju tempat dudukku kemarin. Aku duduk dekat Sela, Fatimah, dan Oki. Mereka teman yang baik, sehari bersama saja sudah akrab seperti bertahun-tahun kenal. Kami berempat bercanda cekakak-cekikik. Ada saja cerita mereka bertiga yang membuatku tertawa.
Tak terasa jam menunjukan pukul 10.30. WIB waktunya  materi menyanyikan lagu-lagu daerah. Setelah menyanyikan lagu Gundul-gundul Pacul  bersama teman sekelas  akan ada penampilan grup band dari kampus.  Sambil menunggu persiapan di sampaikan  beberapa pengumuman  dari kakak senat mahasiswa secara bergantian. Badanku terasa panas, ku letakkan kepalaku di atas bangku. Pengumuman selanjutnya ku dengar suara kakak laki-laki “ Perhatian, yang mempunyai sepeda motor dengan nomor polisi AG 4342 L silahkan maju kemari”
“ Saya ulang,yang mempunyai sepeda motor dengan nomor polisi AG 4342 L silahkan maju kemari” katanya.
“ Yang kemarin merasa berboncengan 3 silahkan maju,” pengumuman itu di ulangi lagi dengan kalimat tak sama.
“ Ayo maju, ayo maju,” gertaknya.
“Mir”, suara Oki memegang pundakku sambil berjalan ke depan. Aku tetap saja dengan posisi semula. Sesamapainya di depan,
“ Siapa teman kamu satunya lagi,” suara pertanyaan itu ku dengar agak tak jelas.
“ Mirna, mana Mirna,” Suara lanjutan. Aku tersentak ketika namaku disebut. Ya...aku baru ingat kalau kemarin membonceng Oki dan Sela.
“Mirna, silahkan maju,” ku lihat Hendra yang bersuara mengulangi perintahnya sambil melanbaikan tangannya padaku. Akupun segera berjalan ke depan.
“ Sialan kena lagi,” Kataku dalam hati.
“ Mirna, mengapa kemarin kamu berboncengan 3?” Tanya Hendra.
“Mengantarkan saya” Jawab Oki ke tempat kost.
“ Sepeda motor siapa itu,” tanya lagi.
“ Mirna” jawab Oki dan Sela bersamaan sambil menunjuk padaku.
“Saya,” Jawabku bersamaan dengan jawaban Oki dan Sela.
“ Ya.... sekarang mana kuncinya,” pintanya.
“ Buat apa?,” Tanyaku mulai kesal.
“ Jangan banyak tanya, bawa kuncinya kemari!” Perintanya. Akupun
Segera mengambil kunci. Selama aku mengambil kunci Hendra menjelaskan mengapa kami bertiga dipanggil ke depan. Menurutnya karena melangkar peraturanlah, gak pantes dilihatlah, mahasiswa barulah.......Setelah kunci ku serahkan, Hendra membebani kami bertiga untuk bernyanyi bersama dan mencabuti rumput dihalaman aula. Amanlah hukuman menyanyi  karena Sela memang seorang penyanyi. Saya dan Oki hanya pengikut penderita  menahan malu, yang paling susah mencabuti rumput saat tengan hari. Terik matahari seakan membakar kulit. Keringat kami bertiga membasahi baju putih yang kami pakai. Ternggorokan serasa kering.
Setelah jam pulang kami ber-3 aku, Sela dan Oki mencari kak Hendra untuk meminta kunci. Hem.... orang satu ini memang sulit di cari. Setelah mendapat  beberapa pentunjuk dari kakak mahasiswa lain kami temukan kak Hendra di kantin kampus. Mengucapkan Oki  salam ketika langkah kami sudah dekat dengan duduk kak Hendra. Setelah salam di jawab Oki pun langsung meminta
“ Kak ambil kunci,”
“ Rumah kamu di mana Mir?,” tanyanya.
“ Ok, aku nebeng ya. Kalian pulang saja dulu, biar Mirna mengantarku pulang!,” minta kak Hendra.
“Tapi kak,” kataku berusaha mengelak.
“Nggak tapi-tapian,” lanjutnya. Oki dan Sela pun melangkah pergi meninggalkan kantin.
“ Silahkan duduk, aku ambil tas dulu ya,” kata kak Hendra sambil berdiri meninggalkan ku.
Agak lama juga aku menanti, hatiku mulai kesal. Suasana kampus dah sepi. Hanya terlihat beberapa pegawai yang berjalan diantara sederet ruangan. Aku berdiri berjalan mondar-mandir dan duduk lagi. Begitu telah ku lakukan berulang beberapa kali sambil terus memperhatikan tempat parkir sepeda motor.Aku merasa di permainkan. Kurang ajar, mentang-mentang senat ngerjain aku seenaknya. Kini terlihat dari jauh di naiki kak Hendra. Aku segera berdiri di teras kantin.
“ Ayo” katanya sambil memberikan helm padaku.
Dia menaiki sepeda lambat banget. Perutku sudah terasa perih. Ketika berhenti di lampu merah dia membuka kaca helmnya terus berkata, “ Ada yang marah nggak ya kalau tahu kamu aku bonceng begini?.” Aku hanya tersenyum saja menahan rasa kik kuk . Dia berusaha melihat ekpresiku dari kaca spion. Perjalanan dilanjutkan tanpa kata dari dia. Sesampai di barat alun-alun sepeda motor di belokkan pada sebuah cafe. Ya...  sebuah cafe. Cafe Halte yang menyajikan makanan siap saji untuk ukuran kocek pelajar dan mahasiswa. Cafe yang agak  jauh dari jalan raya ini termurah dan lumayan enak tempatnya.
“ aku lapar banget, makan dulu yuk,” ajaknya. Aku hanya mengikuti dari belakang. Aduh hatiku mulai nggak karuan antara malu, sungkan, takut ada teman yang tahu, pokoknya salah tingkah banget.
Setelah dia menuliskan sebuah menu dia bertanya padaku,
                “Kamu pesen apa Mir?”
                “ Sama deh,” Jawabku.
                “ Jangan sama ah, ngak asyiiiik. Kamu mie goreng sama es jeruk aja ya,” Katanya minta persetujuan. Hanya ku jawab anggukan kepala sampil menerima telp dari ibuku.
                “Siapa yang telepon?,” tanyanya.
                “ Ibu,” Jawabku singkat.
                “ Mir boleh lihat koleksi foto kamu di Hp  nggak,” pintanya.
                “Boleh, ni,” sambil ku sodorkan Hpku padanya.
                Kami berdua melihat foto sambil menunggu pesanan. Ada beberapa foto yang dia lihat ulang. Sesekali dia bertanya tetang foto. Sehabis melihat foto di hpku kak Hendra membuka foto-foto di hapinya. Membuka-buka sambil menjelaskan masing-masing foto. Ada satu foto yang tetap aku ingat  Siska. Dia hanya menyebut nama tanpa suatu penjelasan. Dua Hp sudah dilihat foto-fotonya ,selanjutnya kami saling berfoto bahkan ada beberapa foto selfi kami berdua. Ya.......aku hanyut dengan suasana kegembiraan yang saat itu ada. Seakan kami sudah lama kenal lama. 
                Pesanan sudah selesai diantar kami makan berdua. Beberapa sendok kak Hendra memaksa untuk ku suapi dengan alasan ingin merasakkan mie gorengnya.  Akupun disuapi oleh kak Hendra. Apakah  itu yang namanya romantis. Aku masih merasakan kali itu.
                Selesai makan aku antar kak Hendra sesuai permintaan. Motor langsung saja di masukkan halaman rumah. Samar-samar dari dalam rumah terdengar suara riuh beberapa gadis. Belum lagi kami masuk terdengar keras suara dari dalam,“Eh dia ngajak cewek, laku juga dia.”  Tanganku dibimbing kak Hendra memasuki ruang tamu. Diperkenalkan dengan tiga  cewek cantik yang tadi ada di foto Hp. Nia, April, Lena ditambah lagi tante kak Herman, bu Sasmi.
                Hari ini hari ketiga orientasi. Rasanya malas sekali, badanku tersa panas tapi terkena angin sedikit saja sudah kedinginan. Aku tutup kaca nako disebelahku. Aku juga gak banyak canda, matahari di luar bersinar  sangat menyengat. Tiba-tiba dari hidungku keluar darah mimisan. Aku segera melangkah keluar sambil menunduk. Kedua tangan ku tengadahkan agar darah yang keluar tak mengenai rok dan baju putihku. Tak seperti mimisan biasa, keluar banyak sampak mengucur. Kakak-kakak panitia orientasi panik menolong ku. Aku dibimbing ke ruang  kesehatan. Setelah dibersihkan darah-darah  ditanganku aku berbaring menunggu datangnya dokter.
                “Mir, kenapa Mir?” tanya kak Hendra tergopoh. Aku hanya membuka mataku.
                “Gimana rasanya?” Tanyanya lagi sambil memegang tangan dan dahiku.
“Badanku rasanya panas”. Jawabku.
“ Kamu buat istirahat aja, aku temeni”, anjurnya.
Ada dua jam dia duduk disampingku. Sesekali berjalan keluar menengok keluar, sesekali memegang dahiku untuk mengetahui kondisiku. Aku tetap memejamkan mata tapi tak bisa tertidur. Suatu waktu, terasa tanganku dipenggang seseorang. Terdengar lirih, “ Maafkan aku yang Mir, aku sering hukum kamu. Itu alasan aku ingin selalu lihat kamu, ingin dekat kamu. Aku sayaaaaang.” Aku masih pura-pura  tidur, seakan tak dengar. Pada hal jantungku berdetak cepat, badanku menterasa lebih panas. Pikiranku melayang apakah mungkin kak Hendra anaknya orang kaya, cakep, rapi, punya banyak teman cewek cantik tertarik padaku,sedangkan wajahku pas-pasan,anak penjual nasi pecel. Hem......mustahil kan. Tapi mengapa dia mesra banget padaku, mengenalkanku pada keluarganya, mengajakku makan,mengirimiku sms tiapa malam,  berjam-jam menungguiku di ruang kesehatan dan sekarang mengantarkanku pulang.
Pagi yang sangat cerah, badanku sudah terasa sehat. Hari ini aku memetuskan untuk masuk kuliah setelah tiga minggu di rumah. Memaju baju warna pink dengan jilbab pink motif bunga-bunga kecil, warna kesukaanku. Saat aku bercanda di bawah pohon mangga tiba-tiba Oki menyenggolku.
“Tuh,tuh,tuuuuuuuh,” sambil matanya tertuju pada kak Hendra.
Ya, aku lihat kak Hendra jalan memasuki pintu gerbang ke-dua dengan seorang cewek. Mesra sekali, dia menggandeng tangan sang cewek tanpa memperdulikan semua mata yang tertuju apadanya. Cewek itu salah satu cewek yang ada di foto Hp kak Hendra. Siska ya, Siska, aku ingat namanya. Aku sudah siap-siap memberi  senyum yang termanis bila kak Hendra sudah berada dekat di depanku. Senyumku, akhirnya ku kulum sendiri, senyum semanis madu  berubah menjadi sepahit buah Maja. Andai Oki, Fatimah dan Sela tahu, wajahkku berwarna merah, rasanya bak disiram air panas. Kak Hendra selintas saja memandangkku. Setelah itu tak perdulikan aku, bahkan terlihat tak pernah mengenalku. Apa arti sms yang tak pernah absen setiap malam, walau hanya sekedar mengucapkan “selamat tidur semoga mimpi indah bersamaku.” Aku segera mengalihkan pandangan mereka dengan canda-candaku. Canda seadanya walaupun terpaksa.
Aku harus bisa menata hati dan perasaanku. Jangan sampai orang lain tahu tentang keakraban yang pernah terjalin antara aku dengan kak Hendra. Tentang perasaanku, harapanku kepada kak Hendra. Dia sudah punya kekasih yang resmi, semua orang di kampus tahu. Semakin hari cerita tentang pasangan setia nan mesra Hendra dengan Siska semakin menumpuk.  Tak mungkin aku atau orang lain lagi mengharapkan diantara keduanya. Keadaan itu mampu ku simpan hampir dua bulan sudah. Ketika siang  aku minum es  tiba-tiba mataku ditutup dari belakang.
“Ayo aku  siapa,” Sapa sang penutup mata.
“Ihhhhh ngapain sih,” kataku risih.
“Tebak aku siapa,” lanjutnya.
“ku nggak nebak,” jawabku.
“Ba.............,” katanya sambil wajahnya di tunjukakanku dari belakang.
Ya Allah wajah kak Hendra yang kulihat. Oki, Fatimah dan Sela segera berdiri meningggalkanku.
“ Eh....eh.....eh.....tugu,” pintaku kepada tiga temanku. Aku tak bisa menyusul mereka karena kak Hendra menahanku dari belakang. Mereka tetap saja pergi tanpa perdulikanku.
“Aku ada kuliah,” kataku
“Aku mau bicara sama kamu,” timpalnya sambil telunjuknya di tempelkan hidungku.
Aku tak perduli keinginannya. Aku segera berjalan cepat menyusul ketiga temanku keluar kantin.
“Mir......,” panggil kak Hendra sambil berjalan menyusul dibelakangku.
“Mir....Mirna...dengarkan aku. Aku mau bicara sama kamu tenatang kita,” lanjutnya.Aku tetap melanjutkan jalanku.
“Mirna...aku serius Mir. Aku ingin kamu jadi pacarku. Aku dah bisa memutuskan Siska, Mir,” Hendra berusaha menjelaskan. Aku setengah berlari menaiki tangga menuju ruang kuliah atas.  Kak Hendra segera berlari  dan berhasil meraih tangan kananku. Ditariknya kuat-kuat tanganku dan kini  pundakku ditahan menghadap kak Hendra.
“Mir....maafkan aku selama ini, aku serius mengatakan ini padaku Mir,” ungkapnya.
“Maaf aku ada kuliah,” jawabku sambil berlari-lari kecil masuk ruangan.          
Minggu pagi itu udara sangat cerah. Seperti biasa aku selalu membantu ibu di warung pecel. Pembeli laki-laki lebih banyak karena hari ini hari pasaran, pasar hewan dekat rumah. Ternyata ada yang tidak biasa di warung kami. Terlihat kak Hendra masuk dari pintu sebelah barat. Memakai topi merah, kaos putih, celana olah raga pendek warna merah, dan bersepatu putih. Pakaian yang serasi dengan kulitnya yang sawo matang. Kak Hendra kelihatan lebih tampan. Rupanya dia ingin ke warungku memakai alasan olah raga bersepeda. Aku berusaha tenang seakan tak mengenalnya walaupun dada ini rasanya dak dik duk. Sengaja aku diam biar diladeni  ibuku. Biar tahu rasa, telah mempermainkan perasaanku seenak pusarnya sendiri. Lebih baik aku meladeni yang lain saja. Hanya sesekali ku lirik gerak geriknya. Taternyata dia  juga selalu menatapku, memperhatikan semua gerakku. Tatapan kami  beradu, aku  tetap tenang dan pura-pura tak memperhatikanya. Sudah setengah jam di warung, dia kelihatanya sengaja tak segera membayar agar aku yang meladeni. Hatiku makin  risi aja.  Akhirnya aku  agak mendekat. Betul juga.
“Sudah Mir, nasi satu, teh hangat satu tambah rempeyek satu,” tanyanya.
“Lima puluh ribu,” jawabku seperlunya.
“Hah.....mahal amat,” lanjutnya dengan senyum khasnya sambil mengulurka uang seratus ribuan dari dompet bermerk.
“BI AR  KA MU NGGAK KE SI NI LA GI,” jawabanku aku pelankan sabil meberikan uang kembali dengan ketus.